Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – PSSI hampir pasti gagal menggelar turnamen Piala Indonesia 2022/2023 karena tak mendapatkan sponsor. Meski demikian Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan masih berusaha menggelar turnamen itu.

PSSI sempat mencanangkan menggelar Piala Indonesia yang sudah menghilang selama beberapa tahun terakhir. Apalagi, PSSI sukses menyelenggarakan turnamen pramusim, Piala Presiden 2022.

Namun rencana itu kemungkinan besar tak kesampaian. PSSI gagal mendapatkan sponsor sehingga kesulitan memenuhi janji menyelenggarakan turnamen. Berbeda dengan kompetisi Liga 1 musim ini yang kembali mendapat dukungan dari bank BUMN.

Menggelar turnamen tentu memakai uang. Jumlahnya hampir Rp45 miliar, termasuk untuk akomodasi, transportasi, pelaksanaan dan sebagainya

Hanya, Ketum PSSI menolak menyerah meski tidak ada kepastian soal turnamen. Iriawan meminta waktu dan yakin peluang untuk menyelenggarakan Piala Indonesia masih terbuka.

“Kami terus berusaha dan mohon waktu. Masih ada peluang untuk dilaksanakan [Piala Indonesia]. Kami sudah mendiskusikannya dengan tim,” ujar Iriawan seperti dikutip antaranews.com, Senin (29/8/2022).

Pernyataan tersebut sekaligus sebagai klarifikasi terkait beredarnya kabar yang menyatakan PSSI tidak akan menggulirkan Piala Indonesia. Meski demikian Iriawan mengakui PSSI terkendala pendanaan untuk melangsungkan turnamen itu. PSSI sendiri terus mengupayakan sponsor agar bisa melaksanakan Piala Indonesia 2022/2023.

“Menggelar turnamen tentu memakai uang. Jumlahnya hampir Rp45 miliar, termasuk untuk akomodasi, transportasi, pelaksanaan dan sebagainya. Jadi, mudah-mudahan kami mendapatkan sponsor,” tutur dia.

Iriawan melanjutkan, beberapa pihak yang diusahakan untuk menjadi sponsor utama adalah perusahaan-perusahaan BUMN. Pertimbangannya Liga 1 mendapat dukungan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang merupakan perusahaan BUMN.

“Kami akan menjajaki itu (sponsor perusahaan BUMN) juga. Kami sedang bekerja untuk bisa merealisasikan Piala Indonesia,” kata Iriawan.

Sebelumnya, rencana penyelenggaraan Piala Presiden 2022/2023 sudah disebarluaskan PSSI kepada klub-klub Liga 1, 2 serta semua asosiasi provinsi. Dalam dokumen disebutkan Piala Indonesia akan berlangsung pada Agustus 2022-Maret 2023.

PSSI menyatakan turnamen diikuti 64 tim dan terbagi dalam beberapa babak yaitu 64 besar, 32 besar, 16 besar, delapan besar, semifinal dan final. Ada pun 64 tim peserta adalah 18 klub Liga 1 , 28 klub Liga 2 dan 18 klub Liga 3. Juara Piala Indonesia 2022/23 berpotensi mewakili Indonesia di Piala AFC.

Kompetisi Piala Indonesia terakhir kali digelar pada musim 2018/19. PSM Makassar keluar sebagai juara setelah kemenangan agregat 2-1 atas Persija Jakarta dalam partai final yang digelar dengan format kandang-tandang.*

Artikulli paraprakDiultimatum Bos, RANS Nusantara FC Akhirnya Raih Kemenangan Perdana
Artikulli tjetërPersib Remuk Dibantai PSM Makassar 5-1