OLENAS.ID – PSM Makassar membantai Perib Bandung 5-1 pada laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora B.J.Habibie, Parepare, Senin (29/8/2022) malam WIB. Pelatih anyar Persib, Luis Milla tidak mendampingi tim karena mendadak sakit.

Menjamu Persib yang masih dipimpin asisten pelatih Budiman, PSM menunjukkan kebangkitannya setelah kalah 2-5 dari Kuala Lumpur City FC di final zona ASEAN AFC Cup, 14 Agustus lalu. Skema 3-5-2 kembali dimainkan oleh pelatih PSM, Bernardo Tavares.

Gol cepat di menit ke-2 dari Yakob Sayuri menjadi kejutan bagi Persib. Budiman menilai gol itu meruntuhkan mental para pemain Maung Bandung.

Yakob Sayuri yang bermain cemerlang menjebol gawang Persib lewat tendangan keras, memanfaatkan umpan dari Akbar Tanjung.

Gol itu membuat PSM makin kuat memberi tekanan ke Persib. Yakob memberi assist di menit ke-19, yang sukses dimanfaatkan oleh Ramadhan Sanata untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Marc Klok mampu memperkecil skor di menit ke-32. Dari luar kotak penalti Klok melakukan tembakan keras, meneruskan umpan Dedi Kusnandar. Tembakan yang mengoyak gawang PSM yang dikawal Muhammad Reza Pratama.

Bukannya menambah gol untuk menyamakan kedudukan, Persib kembali kebobolan di menit ke-45+1. Ramadhan Sanara mencetak brace dengan memanfaatkan umpan dari Wiljan Pluim.

Memasuki babak kedua laga Persib melakukan pergantian pemain untuk menambah daya gedor. Dedi Kusnandar digantikan Frets Butuan. Namun justeru PSM menambah gol keempat. Yakob Sayuri mengikuti jejak Ramadhan Sanara dengan mencetak brace di menit ke-51 dari hasil umpan Muhammad Arfan.

Persib bukannya tanpa peluang, tapi eksekusinya belum membahayakan gawang PSM. Tendangan Ciro Alves masih menyamping, sedangkan tembakan Febri Hariyadi masih melayang di atas mistar gawang.

Keperkasaan PSM makin dominan ketika tandukan Wiljan Pluim di menit ke-65 merobek gawang Persib yang dijaga I Made Wirawan. tak terbendung setelah menambah keunggulan melalui Wiljan Pluim pada menit ke-65. Pluim yang tanpa pengawalan mampu memanfaatkan umpan Rasyid Bakri.

Hingga peluit panjang, skor tak berubah. PSM berhasil membuat Persib remuk.

Hasil itu juga menjadikan Persib sebagai tim yang paling rapuh dengan 18 gol. ***

Artikulli paraprakTak Ada Sponsor, PSSI Tetap Berupaya Gelar Piala Indonesia
Artikulli tjetërKapten Persib Bandung Minta Maaf, Digebuk PSM Makassar “Memalukan”