Striker Barcelona Robert Lewandowski. (Sumber foto: Twitter/FCBarcelona

OLENAS.ID – Striker Robert Lewandowski tak butuh waktu lama untuk kembali ke Bayern Munich. Hanya, kali ini Lewandowski harus berseteru dengan eks klubnya karena dia berseragam Barcelona dalam duel di Grup C Liga Champions di Stadion Allianz Arena, Rabu (14/9/2022) dini hari WIB.

Lewandowski tak kehilangan ketajaman saat berpindah klub dan mengarungi petualangan anyar di La Liga Spanyol. Penyerang tim nasional Polandia ini telah mengemas 9 gol selama 6 pertandingan pertama bersama Barca. Dirinya juga mencetak hat-trick saat Blaugrana menang telak 5-1 atas Viktoria Plzen di Liga Champions.

Kehadiran Lewandowski memang langsung mengubah permainan Barca yang kian agresif. Terbukti, Barca sudah 20 kali membobol gawang lawan dan hanya kemasukan 2 gol di 6 pertandingan di berbagai kompetisi.

Ini menjadi tantangan bagaimana bisa meraih kemenangan di sini. Kami belum pernah melakukannya sejak 9 bulan lalu saat kedua tim bertemu

Bayern pun pantas waswas karena harus meredam ketajaman eks striker yang merupakan top scorer sepanjang sejarah FC Hollywood. Apalagi, pelatih Xavi Hernandez sengaja menyimpan Lewandowski pada laga La Liga melawan Cadiz.

Saat masuk di babak ke-2, Lewandowski tetap menunjukkan ketajamannya. Dia turut menyumbang gol saat Barca menang telak 4-0.

Dalam big match Liga Champions ini, Xavi berharap Lewandowski mampu menghapus mimpi buruk Barca setiap kali berlaga di Allianz Arena. Bagaimana tidak, Bayern pernah membantai Barca 8-2 dan kemudian menang 3-2 di kandang sendiri di kompetisi Eropa.

Pada musim sebelumnya, Bayern pun menghabisi Barca dengan skor sama 3-0 di 2 pertandingan penyisihan grup. Ini menjadikan Allianz Arena tak ubahnya house of horror bagi pemain Barca. Dan Xavi ingin menghapus kisah horor itu.

“Pertandingan ini tidak mengubah apa pun. Apakah kami menang, kalah atau imbang, tak menentukan bagaimana kelanjutan ke-2 tim,” kata Xavi kepada Forbes.

“Ini menjadi tantangan bagaimana bisa meraih kemenangan di sini. Kami belum pernah melakukannya sejak 9 bulan lalu saat kedua tim bertemu. Kini, situasinya sudah berbeda. Kami sudah berkembang lebih baik dan mampu bersaing,” ujar eks bintang Barca yang menepis adanya rumah horor bagi Barca.

Sementara, bintang Bayern Thomas Mueller menyatakan tim sama sekali tidak menurun meski kehilangan Lewandowski. Pasalnya Bayern memiliki banyak pemain depan.

“Kerjasama kami sudah terjalin baik selama bertahun-tahun. Kami juga memiliki banyak pemain depan. Kami tak pernah bergantung pada seorang striker,” ucap Mueller.

Susunan Pemain
Bayern Munich:
Manuel Neuer-Benjamin Pavard, Dayot Upamecano, Lucas Hernandez, Alphonso Davies, Joshua Kimmich, Marcel Sabitzer, Serge Gnabry, Thomas Muller, Leroy Sane, Sadio Mane

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen-Jules Kounde, Ronald Araujo, Eric Garcia, Marcos Alonso, Gavi, Sergio Busquets, Pedri, Raphinha, Robert Lewandowski, Ousmane Dembele

Jadwal Pertandingan
Selasa (13/9/2022) malam pukul 23.45 WIB
Grup C

Viktoria Plzen vs Inter Milan
Grup D
Sporting CP vs Tottenham Hotspur

Rabu (14/9/2022) dini hari pukul 02.00 WIB
Grup A
Liverpool vs Ajax
Grup B
Bayer Leverkusen vs Atletico Madrid, FC Porto vs Club Brugge
Grup C
Bayern Munich vs Barcelona
Grup D
Marseille vs Eintracht Frankfurt
Grup E
AC Milan vs Dinamo Zagreb

Rabu (14/9/2022) malam pukul 23.45 WIB
Grup F

Shakhtar Donetsk vs Celtic

Artikulli paraprakAda yang Beda di YUZU Isotonic Magelang Open 2022. Apakah itu?
Artikulli tjetërPSIM Jogja Depak Imran Nahumarury Sebagai Pelatih