PSS Sleman keok di kandang Persikabo 1973 (Foto : Instagram PSS)

OLENAS.ID – PSS Sleman keok 0-2 di kandang Persikabo 1973 pada laga pekan kesepuluh BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Kamis (15/9/2022) sore. Kekalahan ini juga memecahkan rekor menang tandang PSS.

Tampil dengan hanya satu pemain asing, Tallyson Duarte, pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro bereksperimen dengan formasi 3-5-2. Namun formasi ini tidak berjalan mulus. Seto menyebutnya banyak kesalahan individu dan akan melakukan introspeksi dalam masa istirahat sebelum menghadapi Persita Tangerang.

Di babak pertama sebenarnya formasi dengan duet Boaz Salossa dan Irkham Mila di depan cukup merepotkan Persikabo. Namun banyak kesalahan mendasar seperti passing yang membuat serangan PSS tidak berhasil.

Persikabo sendiri tampil penuh semangat. Mereka ingin memperbaiki penampilan yang kurang moncer belakangan ini.

Peluang PSS didapat di menit ke-5 lewat tendangan bebas dari Dave Mustaine yang belum membahayakan Persikabo. Sebaliknya tim tuan rumah balik menekan PSS.

Persikabo mendapat peluang manis di menit ke-17 lewat Dimas Drajad. Sayangnya tendangannya masih membentur tiang gawang, sebelum ditangkap oleh kiper PSS, Try Hamdani.

Sebaliknya, PSS yang lebih banyak mengandalkan serangan balik memiliki peluang pada menit ke-25 melalui Boaz Solossa. Sayang tendangan dari Boaz masih melebar dari sisi kiri gawang Persikabo.

Akhirnya Persikabo mampu mencetak gol di menit ke-29 melalui gol bunuh diri dari Tallysson Duarte. Berawal dari aksi tendangan Ryan Kurnia yang mengarah ke Dimas Drajad, Tallyson Duarte yang mencoba menghalau bola justru mengubah arah bola dan masuk ke gawang Try Hamdani. Skor 1-0 untuk keunggulan Persikabo.

Memasuki menit ke-37, Persikabo berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 melalui tendangan bebas Bruno Dybal. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan oleh Nurdiansyah, Bruno Dybal yang mengeksekusi tendangan bebas berhasil menempatkan bola di pojok kiri gawang Try Handani. Skor 2-0 untuk keunggulan Persikabo yang bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua kedudukan tidak berubah. PSS melakukan beberapa pergantian. Nurdiansyah digantikan Miftahul Hamdi. Sedangkan Ibrahim Sanjaya, yang tampil pertama kalinya setelahnya cedera digantikan oleh Derry Rahman. Saddam Gafar juga tampil pertama kalinya setelah lama dibekap cedera.

Upaya PSS memperkecil ketinggalan akhirnya tak membuahkan hasil. Super Elang Jawa harus pulang dengan kekalahan. ***

Artikulli paraprakBonek Bikin Rusuh di Gelora Delta Usai Persebaya Keok Dari RANS
Artikulli tjetërMengejutkan, Azrul Ananda Mundur Sebagai Presiden Persebaya Surabaya