Timnas U-20 Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 (Foto : PSSI)

OLENAS.ID – Mental kuat, kecerdikan Shin Tae Yong membawa Timnas U-20 Indonesia melaju ke babak final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Indonesia berhasil menundukkan Vietnam U-20 dengan skor 3-2, dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam.

Kemenangan itu membuat Indonesia menembus menembus putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan dengan status juara Grup F.

Indonesia meraup sembilan poin dari tiga kemenangan kualifikasi.

Bermain dengan dukungan puluhan ribu penonton, Indonesia tampil ngotot sejak menit pertama. Vietnam tak mau kalah, sehingga laga berjalan sengit. Beberapa peluang tercipta tapi belum membuahkan gol.

Peluang muncul di menit keempat setelah Kakang Rudianto melepas umpan silang yang disambut dengan tendangan setengah voli oleh Ronaldo Kwateh. Sayangnya masih bisa diblok oleh kiper Cao Van Binh. Bola muntah disambar oleh striker Hokky Caraka, namun tembakannya melenceng dari gawang.

Peluang lain didapat di menit ke-28. Itu berawal dari lemparan ke dalam Robi Darwis yang ditanduk oleh Ginanjar Wahyu. Bola lantas diteruskan dengan sundulan oleh Hokky, tapi kembali melebar dari gawang. Hokky tampak tidak percaya sundulannya tidak menjebol gawang Vietnam.

Babak pertama berakhir dengan kedudukan 0-0.

Hujan Gol

Shin Tae Yong melakukan pergantian di babak kedua dengan mengarik Ronaldo Kwateh dan memasukkan Marselino Ferdinan.

Masuknya Marselino membuat serangan Indonesia lebih baik. Gol yang dinanti akhirnya tercipta di menit ke-60. Frenky Missa mengirim umpan tarik ke Marselino. Gelandang Persebaya yang berdiri bebas melepas tembakan keras dari luar kotak penalti, menjebol gawang Vietnam.

Enam menit kemudan Vietnam pun berhasil membalas gol itu. Mereka melakukan serangan balik cepat lewat Khuat Van Khang yang memberi umpan tarik ke Nguyen Thanh Nhan. Bola mengenai kaki Ferarri yang dianggap melakukan gol bunuh diri.

Di tengah saling serang, Vietnam berbalik unggul dengan mencetak gol kedua di menit ke-79 lewat serangan balik yang cepat Saat gelandang Indonesia terlambat balik ke pertahanan. Nguyen Ahn Tu mengumpan ke Thanh Nhan. Bola diteruskan kepada Dinh Xuan Tien yang bergerak bebas melepas tembakan.

Mental Garuda Muda tak runtuh dengan posisi tertinggal 1-2. Tiga menit kemudian kedudukan jadi imbang 2-2 setelah sundulan Ferrari menghujam gawang Vietnam. Gol yang seolah menebus kesalahannya karena gol bunuh diri.

Hanya tiga menit berselang, memasuki menit ke-85, pelatih Shin Tae-yong bersorak mengangkat tangan dan melompat. Rabbani Tasnim berhasil mendorong bola di garis gawang, memanfaatkan tendangan Alfriyanto Nico yang menyisir sisi kanan. Nico melepas tembakan mendatar yang tak mampu dijangkau kiper Vietnam, Rabbani tinggal mendorong perlahan bola itu.

Pertandingan berjalan lebih sengit dengan tekanan dari Vietnam untuk menyamakan kedudukan. Stadion bergemuruh, para pemain Indonesia bersorak ketika wasit Ammar Ebrahim meniup peluit panjang dengan kemenangan 3-2 untuk Timnas Indonesia U-20.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-20 langsung lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 dengan status juara Grup F. Sedangkan Vietnam yang jadi runner-up masih bergantung pada hasil pertandingan grup lain di kualifikasi ini. ***

Artikulli paraprakAtlet Muda PB Djarum Dominasi Yuzu Isotonic Magelang Open 2022
Artikulli tjetërGabriel Jesus Tak Masuk Skuat Brasil, Man United Malah Kirim Fred