Selebrasi Olivier Giroud dalam laga UEFA Nations League Prancis vs Austria, Jumat (23/9/2022) (c) AP Photo

OLENAS.ID – Gol Prancis saat menaklukkan Austria dalam lanjutan laga UEFA Nations League Liga A1, Jumat (23/9/2022) menempatkan Olivier Giroud sebagai pencetak gol tertua sepanjang sejarah timnas Prancis. Giroud mencetak gol kedua Prancis di menit ke-65, satu gol lainnya oleh Kylian Mbappe (56′).

Gol Mbappe mengagumkan. Ia sukses melewati tiga pemain Austria sebelum melepaskan tembakan keras kaki kanannya.

Sedangkan gol Giroud dicetak lewat sundulan, memanfaatkan umpan silang terukur Antoine Griezmann.

Giroud saat tampil pada laga Perancis vs Austria sudah menginjak 35 tahun 357 hari. Striker milik AC Milan itu mengalahkan rekor milik Roger Marche yang sudah bertahan selama 65 tahun.

Marche sebelumnya menjadi pencetak gol tertua timnas Perancis setelah mencetak gol ke gawang Spanyol pada tahun 1959. Usia Roger Marche ketika itu adalah 35 tahun 287 hari.

Satu gol ke gawang Austria juga semakin mendekatkan Giroud ke puncak daftar top skor sepanjang masa timnas Perancis. Mantan striker Chelsea itu menempati peringkat kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak timnas Perancis dengan koleksi 49 gol. Giroud kini hanya membutuhkan tiga gol lagi untuk mengalahkan rekor Thierry Henry dan menyandang status top skor sepanjang masa timnas Perancis.

Kemenangan atas Austria memperpanjang nafas timnas Perancis di UEFA Nations League Liga A1. Perancis memang sudah dipastikan tidak bisa lolos ke fase gugur UEFA Nations League. Namun, kemenangan atas Austria membuat timnas Perancis untuk sementara menjauh dari zona degradasi UEFA Nations League.

Saat ini Les Blues menempati peringkat ketiga klasemen UEFA Nations League Liga A1 dengan koleksi lima poin. Pasukan Deschamps untuk sementara unggul satu angka atas Austria yang harus turun ke peringkat keempat atau zona degradasi. ***

Artikulli paraprakDavid Ginola Membunuh Prancis
Artikulli tjetërGawat, 15 Pemain Mundur Dari Timnas Putri Spanyol