Timnas Putri Spanyol (Foto : Getty Images)

OLENAS.ID – Timnas Putri Spanyol dilanda kisruh. Sebanyak 15 pemain memutuskan mundur. Dalam surat pengunduran diri kepada Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), para pemain menyebut “situasi saat ini” mempengaruhi “kondisi emosional dan kesehatan.”

Para pemain timnas Spanyol meminta tidak dipilih. Mereka tidak senang dengan pelatih, manajemen tim, suasana di ruang ganti, pemlihan tim versi pelatih, Jorge Vilda dan sesi latihan yang ada.

Federasi sendiri lebih condong membela Vilda, dan mengecam para pemain itu.

“Federasi tidak akan menerima tekanan apa pun dari pemain mana pun saat mengadopsi tindakan olahraga. Jenis manuver ini jauh dari teladan dan di luar nilai-nilai sepakbola, olahraga, juga berbahaya,” kata pernyataan RFEF.

RFEF juga menegaskan, justru akan mencoret pemain. Mereka yang sudah meminta maaf baru diperbolehkan kembali ke Tim Nasional.

Menolak menghormati panggilan tim nasional diklasifikasikan sebagai “pelanggaran yang sangat serius, dan dapat membawa sanksi dua dan lima tahun diskualifikasi.

Jorge Vilda sendiri menjadi pelatih Timnas Putri Spanyol sejak 2015. Sejauh ini, ia belum bisa membawa tim senior berjaya di ajang terkemuka.

Sementara Timnas Spanyol dihuni sederet bintang top. Salah satunya adalah Alexia Putellas, pemenang Ballon d’Or tahun lalu dan pemain terbaik Eropa 2022, yang merupakan pemain Barcelona. ***

Artikulli paraprakGiroud Jadi Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah Timnas Prancis
Artikulli tjetërBiar Peringkat Kalah Jauh, Indonesia Mampu Kalahkan Curacao 3-2