OLENAS.ID – El Calsico Jawa Timur berhasil dimenangkan oleh Persebaya Surabaya setelah mempermalukan Arema FC 3-2 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022) malam.

Kemenangann di hadapan 42 ribu Aremania ini sekaligus memutus kutukan tak pernah menang Persebaya, selama 23 tahun di Malang.

Tampil dalam laga penuh gengsi, Arema langsung tampil menyerang begitu pertandingan dimulai. Mereka mampu memegang kendali permainan dan menciptakan beberapa peluang dalam lima menit pertama.

Namun di menit ke-7 serangan balik Persebaya menjadi tamparan buat Arema. Umpan cantik dari Marselino Ferdinan disambar tendangan keras  Silvio Pereira ‘Juninho’ yang menghujam deras ke gawang Singo Edan.

Pemain bertahan Persebaya bermain solid, membuat Arema kesulitan menembusnya. Duet Leo Lelis dan Rizky Ridho di jantung pertahanan Persebaya sangat disiplin.

Namun Arema bukannya tidak memiliki peluang. Andik Rendika Rama memberikan sepakan dari luar kotak penalti, namun bola hanya mengarah ke sisi samping kiri gawang Persebaya.

Begitu juga Bajul Ijo, julukan Persebaya, mendapat peluang di menit ke-23. Tendangan Marselino di dalam kotak penalti berhsil diblok oleh Sergio Silva.


Petaka datang bagi Arema di menit ke-33 dari tendangan bebas yang didapat oleh Persebaya dan dieksekusi oleh Higor Vidal.

Di menit ke-33 justru Persebaya menggandakan keunggulan. Bermula dari tendangan bebas Higor Vidal, bek Leo Lelis menyambutnya dengan tandukan yang berhasil merobek gawang Maringan.

Stadion Kanjuruhan yang dipenuhi Aremania tampak terkejut dengan keunggulan 2-0 ini. Arema meresponnya dengan memasukkan striker Dedik Setiawan, dan menarik gelandangnya, Arkhan Fikri.

Gol kedua membuat Singo Edan mengamuk. Serangan bertubi-tubi akhirnya membuahkan hasil pada menit 42. Adalah Abel Camara yang mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol dengan tandukannya yang memanfaatkan umpan Adam Alis.

Kemudian, pada menit 45+1, Arema mendapat hadiah penalti dari wasit usai pemain Persebaya melakukan handball di kotak terlarang. Abel Camara mencetak brace setelah eksekusinya menjebol gawang Persebaya. Skor imbang 2-2 pun menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, pertandingan tetap berlangsung sengit. Namun Persebaya bermain lebih cerdik, sehingga mampu memimpin setelah di menit ke-50 menambah gol. Sho Yamamoto berhasil menjebol gawang Arema dengan tendangan kaki kirinya di depan gawang Adildon.

Setelah tertinggal, Arema kembali menguasai permainan. Persebaya bertahan sambil mencari kesempatan melakukan serangan balik.

Berbagai peluang didapatkan Arema. Namun pertahanan Persebaya bisa mematahkan setiap gempuran Singo Edan.

Tambahan waktu 7 menit tidak mengubah keadaan, Arema pun dipermalukan Persebaya dengan skor 3-2.

Usai laga, para pemain dan ofisial Persebaya segera pulang dengan kawalan ketat pihak keamanan.

Aremania yang tidak terima dengan kekalahan itu memasuki lapangan. ***

.

Artikulli paraprakPersela Lamongan Pecat Fakhri Husaini Dari Kursi Pelatih
Artikulli tjetërArema FC Kalah Dari Persebaya, Aremania Mengamuk, Dikabarkan Ada Korban Jiwa