Laga final polo air Kusuma Harapan vs Indonesia Star Aquatic di Walikota Cup IX. (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

OLENAS.ID – Klub PORA Kusuma Harapan tampil sebagai juara sub cabang olahraga polo air Walikota Cup IX. Pada laga final di Depok Sport Centre (DSC), Yogyakarta, Rabu (5/10/2022), Kusuma Harapan mengalahkan Indonesia Star Aquatic (ISA) dengan skor cukup telak 20-5.

Kusuma Harapan menunjukkan penampilan terbaik saat menghadapi ISA. Meski sempat mengalami kesulitan pada gim pertama karena kedua tim saling serang, Kusuma Harapan akhirnya secara perlahan meninggalkan rivalnya. Mereka kian meninggalkan ISA pada gim ketiga dan empat sehingga berhasil meraih gelar juara.

Pencapaian klub asal Jakarta ini kian lengkap karena sang kapten, Richley Gregorius Legawa, menjadi top scorer setelah mengemas 22 gol. Sedangkan rekannya, Erwin Rostam menjadi kiper terbaik. Untuk pemain terbaik direbut Alfa Rasendriya dari ISA.

Sebelumnya, Walikota Cup hanya menggelar satu subcabor. Walikota Cup juga menjadi salah dua dari 5 event di Indonesia yang mendapat rekomendasi di PB PRSI dan masuk kalender nasional

Pemilik klub Kusuma Harapan, Rida Farida, menuturkan keberhasilan tim meraih gelar juara tidak terlepas dari latihan keras yang dijalani para pemain. Pasalnya, mereka memang memasang target juara di Walikota Cup.

“Latihan mereka sungguh luar biasa. Kalau ingin juara, latihan mereka tidak boleh setengah-setengah. Saya tentu senang bisa memenuhi target juara. Ini sekaligus pemanasan karena kami akan tampil di kejuaraan internasional di Malaysia,” ujar Rida.

Klub PORA Kusuma Harapan menjadi juara subcabor polo air di Walikota Cup IX. (Foto: Olenas.id/Gonang Susatyo)

Klub Kusuma Harapan hanya tampil di subcabor polo air di Walikota Cup IX. Kejuaraan itu sesungguhnya menggelar tiga subcabor, polo air, renang indah dan renang lintasan yang diikuti 4000 atlet dari berbagai klub di seluruh Indonesia. Untuk subcabor polo air sudah digelar lebih dulu pada Senin (3/10/2022). Sedangkan renang indah dan renang lintasan mulai dilaksanakan pada Jumat (7/10/2022) hingga Minggu (9/20/2022).

Gelar 3 Subcabor

Ketua Pelaksana Walikota Cup IX Septi Sri Rejeki mengatakan bila kejuaraan yang diikuti klub-klub seluruh Indonesia ini untuk kali pertama mengelar 3 subcabor. Sebelumnya, kejuaraan hanya menggelar satu subcabor, yaitu renang lintasan.

“Sebelumnya, Walikota Cup hanya menggelar satu subcabor. Walikota Cup juga menjadi salah dua dari 5 event di Indonesia yang mendapat rekomendasi di PB PRSI dan masuk kalender nasional. Dari DIY sendiri ada 2 event, yaitu Walikota Cup dan KRAS atau Kejuaraan Renang antarSekolah dan Perguruan tinggi,” kata Septi.

Menurut Septi sebuah event mendapat rekomendasi di PB PRSI bila sudah diseenggarakan setiap tahun minimal tiga kali secara berturut-turut. Sedangkan syarat lain seperti peserta dan panitia dalam pelaksanaan serta kategori event yang berskala nasional.*

Artikulli paraprakKorban Tragedi Kanjuruhan Bertambah, Kini Menjadi 131 Orang Meninggal Dunia
Artikulli tjetërSemua Pertandingan Liga Champion Diawali Hening Cipta Untuk Tragedi Kanjuruhan