Menkopolhukam Mahfud MD. (dok Kemenko Polhukam)

OLENAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan tidak mudah menyentuh PSSI karena terkait aturan FIFA.

Hal itu dikatakan Mahfud MD, dikutip dari tayangan Youtube Mata Najwa, Kamis (6/10/2022).

“PSSI itu seringkali melakukan kesalahan-kesalahan sejak dulu. Kejadian seperti ini sudah sering terjadi, dibentuk tim investigasi, tapi tindak lanjutnya, tidak ada kabarnya. Sekarang Presiden (Joko Widodo) minta investigasi independen saja, bagaimana konstruksi yang seharusnya,” kata Mahfud MD.

“Karena PSSI terikat dengan FIFA, terkadang kita [pemerintah] mau melakukan tindakan kadang tidak boleh, ada aturannya. Kita tim investigasi menemukan fakta adapun tindakan-tindakannya nanti diatur dengan FIFA. FIFA itu untuk urusan persepakbolaan lebih tinggi kedudukannya dari peraturan pemerintah kita,” tambahnya.

Kendati demikian, Mahfud memastikan pemerintah dalam hal ini Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dipimpinnya akan bekerja keras menyelesaikan tugas terkait Tragedi Kanjuruhan.

“Oleh sebab itu, saya akan memimpin untuk mengungkap fakta ini secara detail. Kita tahulah PSSI ini seperti pasar, jual beli lah ya, sejak dulu itu. Tapi kalau mau ditindak selalu bilang kami tidak tunduk pada peraturan pemerintah, kami berada di bawah FIFA. Selalu,” katanya. ***

Artikulli paraprakPolisi Klaim Ada 11 Tembakan Gas Air Mata di Tragedi Kanjuruhan
Artikulli tjetërJokowi Sudah Terima Surat Dari FIFA, Indonesia Dipastikan Tidak Akan Kena Sanksi