Suporter Liverpool. (Gambar ilustrasi: suporter Liverpool oleh George Groutas dengan lisensi Creative Commons 2.0)

OLENAS.ID – Liverpool bakal bekerja ekstrakeras menghentikan laju Manchester City dalam big match Liga Premier Inggris di Stadion Anfield, Minggu (16/10/2022) malam WIB. Liverpool menanggung beban berat karena bukan perkara gampang mengatasi striker maut Erling Haaland yang on fire.

Haaland mencapai performa terbaik di Liga Inggris. Mantan penyerang Borussia Dortmund ini benar-benar menjadi bomber andalan Manchester City setelah mengemas 20 gol dalam 12 pertandingan di berbagai kompetisi. Ini menjadikan Haaland sebagai momok yang menakutkan bagi lini belakang tim manapun.

Dirinya memang gagal mencetak gol saat Liverpool mengalahkan Man City 3-1 di Community Shield atau laga pembuka kompetisi Liga Inggris. Namun Haaland justru melejit saat memasuki gelanggang liga dan membawa The Cityzens ke papan atas. Pemain tim nasional Norwegia ini pun menjadi top scorer liga dengan koleksi 15 gol.

Kami tidak akan melakukan hal besar, tetapi yang jelas tim terbaik di dunia akan datang ke Anfield pada Minggu

Sebaliknya, Liverpool malah melempem. Mereka hanya 2 kali menang selama 8 pertandingan di kompetisi domestik. Hasil itu menjadikan The Reds berkutat di papan tengah. Dengan poin 10, Liverpool sudah tertinggal 13 poin dari Man City yang bertengger di peringkat 2.

Man City Lawan Berat Liverpool

Man City memang menjadi lawan berat Liverpool dari tim big six. Repotnya, Liverpool memiliki catatan kurang bagus saat bertemu anggota ‘6 besar’ setelah kalah 3-2 dari Arsenal dan menyerah 2-1 dari Manchester United.

Hanya, Liverpool bermain di kandang lawan di 2 laga itu. Sebaliknya, Mohamed Salah dkk bakal melakoni laga home dan atmosfer Anfield bisa membuat pasukan Pep Guardiola kalah mental.

“Kami tidak akan melakukan hal besar, tetapi yang jelas tim terbaik di dunia akan datang ke Anfield pada Minggu,” kata manajer Liverpool Juergen Klopp kepada Liverpool Echo.

“Kita lihat saja apa yang bisa kami lakukan. Kami tak akan bermulut besar dengan mengatakan, ‘kami sudah menunggu’. Tidak seperti itu. Kami tentu punya alasan berbeda yang tidak kalah penting. Namun yang paling penting adalah kami harus melakukan pemulihan,” ucap pria asal Jerman ini.

Pemulihan pemain menjadi poin penting Klopp usai menghajar Rangers 7-1 di pertandingan Liga Champions, Kamis (13/10/2022) dini hari WIB. Kemenangan besar di Ibrox membuka harapan Liverpool lolos ke babak knock-out sekaligus menjadi modal berharga mereka untuk menghadapi Man City.

“Kami sadar akan menghadapi pertandingan penting. Dan ini akan menjadi pertandingan yang berbeda,” kata Klopp lagi.

Sementara, gelandang Man City Kevin de Bruyne tidak yakin Liverpool mengalami penurunan. Menurut dia, Liverpool yang musim lalu bersaing ketat dengan Man City memperebutkan titel liga tetap merupakan tim yang harus diwaspadai.

“Saya perkirakan Liverpool tetap akan menunjukkan permainan terbaik. Mereka memang kehilangan banyak poin. Tetapi mereka tetap Liverpool,” kata De Bruyne.*

Artikulli paraprakShin Tae-yong Dukung Iwan Bule, Warganet Balas Dengan Tagar #STY Out
Artikulli tjetërPSSI Diminta Bertanggung Jawab Atas Tragedi Kanjuruhan