OLENAS.ID – Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang akan dirobohkan. Pemerintah akan membangun ulang sesuai dengan standar FIFA.

Gagasan itu telah disampaikan oleh Presiden Jokowi saat bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

“Tadi saya juga menyampaikan dan FIFA mengapresiasi untuk Stadion Kanjuruhan di Malang juga akan kita runtuhkan dan kita bangun lagi sesuai dengan standar FIFA,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (18/10).

Stadion Kanjuruhan yang baru akan menjadi contoh standar stadion yang baik. Keselamatan penonton dan pemain dalam stadion itu akan terjamin.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengungkap sejumlah pembicaraan dengan Gianni. Dia berkata pembicaraan berfokus pada standar keamanan dalam stadion.

“Dengan manajemen stadion, utamanya yang berkaitan dengan fasilitas2 di stadion, standarnya seperti apa. Yang kedua, juga yang berkaitan dengan manajemen keamanan, manajemen security, juga kita bicarakan secara detail,” ujarnya.

Di Stadion Kanjuruhan telah terjadi tragedi pada 1 Oktober 2022 lalu, usai laga Arema FC menjamu Persebaya Surabaya. Tragedi itu merenggut 133 nyawa.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut penembakan gas air mata memicu kericuhan di Kanjuruhan. Kepolisian pun telah menetapkan enam orang tersangka buntut tragedi itu. ***

Artikulli paraprakKetua Umum dan Seluruh Jajaran Komite Eksekutif PSSI Harus Mundur
Artikulli tjetërSuporter Sambut Baik Pertemuan Dengan Ditlantas Polda DI Yogyakarta