PSSI. (Sumber foto: PSSI.org)

OLENAS.ID – Setelah terjadi Tragedi Kanjuruhan dan keluarnya rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang antara lain meminta pengurus PSSI mundur lalu diadakan KLB, desakan ber-KLB menguat.

Persis Solo dan Persebaya Surabaya yang pertama meminta adanya KLB, dan terakhir Persis Solo berkirim surat ke PSSI, Selasa (25/10/2022) soal KLB itu. Persis Solo minta agar KLB diadakan selambatnya bulan depan atau 30 hari lagi.

Bagaimana sebenarnya mekanisme yang diatur dalam Statuta PSSI soal KLB?

Dalam pasal 34 Statuta PSSI edisi 2019, terdapat lima ayat yang menjelaskan tentang KLB, yakni sebagai berikut :

  1. Komite Eksekutif dapat mengajukan permintaan untuk diadakan Kongres Luar Biasa setiap saat.
  2. Komite Eksekutif harus mengadakan Kongres Luar Biasa jika 50 persen Anggota PSSI atau 2/3 (dua pertiga) dari Delegasi yang mewakili Anggota PSSI, mengajukan permintaan secara tertulis. Permintaan tersebut harus menyebutkan hal-hal yang hendak dicantumkan di dalam agenda Kongres. Kongres Luar Biasa harus dilaksanakan dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan setelah diterimanya permintaan. Apabila Kongres Luar Biasa tidak dilaksanakan, Anggota PSSI yang mengajukan permintaan dapat mengadakan Kongres sendiri. Sebagai upaya terakhir, Anggota PSSI dapat meminta bantuan dari FIFA.
  3. Anggota PSSI harus diberitahukan mengenai tempat, tanggal dan agenda sekurang-kurangnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal diadakannya Kongres Luar Biasa.
  4. Apabila Kongres Luar Biasa diajukan atas inisiatif dari Komite Eksekutif, maka Komite Eksekutif harus menyusun Agenda Kongres. Namun apabila Kongres Luar Biasa diajukan atas permintaan dari Anggota PSSI, maka Agenda Kongres harus mencantumkan poin-poin yang diusulkan oleh Anggota tersebut.
  5. Agenda Kongres Luar Biasa tidak dapat diubah.

Siapa Saja Anggota PSSI?

Masih dikutip dari Statuta PSSI edisi 2019, ada tujuh elemen anggota PSSI. Mereka adalah:

  1. Klub;
  2. Asosiasi Provinsi PSSI;
  3. Asosiasi Klub Sepak Bola Wanita;
  4. Federasi Futsal Indonesia;
  5. Asosiasi Wasit;
  6. Asosiasi Pemain;
  7. Asosiasi Pelatih.

Untuk klub yakni mereka yang bermain di Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Sementara anggota dari asosiasi provinsi terdiri dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Sedangkan Exco PSSI terdiri dari 12 orang.

Berkaca dari kongres PSSI tahun 2019 yang berhasil memilih Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023, ada 85 pemilik suara (voter). Saat itu 82 suara memilih Iwan Bule dan tiga suara dianggap tidak sah. Sedangkan satu voter yakni Persis Solo tidak menggunakan hak suaranya. ***

Artikulli paraprakPersis Solo Desak PSSI Gelar KLB Paling Lambat Bulan Depan
Artikulli tjetërAC Milan Berpeluang ke 16 Besar, Pioli Sebut Mentalitas Liga Champions. Maksudnya?