Rapat Exco PSSI (Foto : PSSI)

OLENAS.ID – PSSI mengambil keputusan mengejutkan dengan mengumumkan akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Sebelum digelar, Komite Eksekutif (Exco) PSSI akan melakukan verifikasi persiapan KLB selambat-lambatnya tiga bulan.

Keputusan mempercepat KLB itu, seperti dikutip dari Youtube PSSi disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (Iwan Bule) disampaikan setelah melakukan pertemuan dengan Komite Eksekutif pada Jumat (28/10) malam.

“(PSSI) memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui mekanisme kongres luar biasa sesuai tahapan aturan organisasi,” ujar Iwan Bule dikutip dari Youtube PSSI.

Rapat yang digelar sejak pukul 19.00 WIB hingga 22.45 WIB itu dihadiri oleh 12 anggota Exco PSSI.

Dalam pasal 34 Statuta PSSI Pasal 34 disebutkan, bahwa Komite Eksekutif harus mengadakan Kongres Luar Biasa jika 50% (lima puluh persen) Anggota PSSI atau 2/3 (dua pertiga) dari Delegasi yang mewakili Anggota PSSI, mengajukan permintaan secara tertulis.

Permintaan tersebut harus menyebutkan hal-hal yang hendak dicantumkan di dalam agenda Kongres.

Kongres Luar Biasa harus dilaksanakan dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan setelah diterimanya permintaan. Apabila Kongres Luar Biasa tidak dilaksanakan, Anggota PSSI yang mengajukan permintaan dapat mengadakan Kongres sendiri. Sebagai upaya terakhir, Anggota PSSI dapat meminta bantuan dari FIFA, demikian bunyi statuta PSSI.

Namun demikian, Iwan Bule menyebut bahwa KLB dipercepat karena adanya surat dari dua anggota PSSI, yakni Persis Solo dan Persebaya Surabaya.

“Namun, PSSI memutuskan mempercepat KLB pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya,” lanjut Iwan Bule.

Selain itu, percepatan KLB dikarenakan Exco PSSI menghindari perpecahan. “Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI,” ujar Iwan Bule.

PSSI akan segera mengirimkan surat kepada FIFA tentang percepatan KLB.

“Tahapan KLB akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres. Surat pemberitahuan kepada FIFA akan kami sebarluaskan kepada rekan-rekan media pada hari Senin tanggal 31 Oktober 2022,” kata Iwan.

Iwan Bule melanjutkan bahwa KLB diharapkan akan mempercepat bergulirnya liga.

“Kami berharap keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan. Kiranya dapat membantu diputarnya kembali kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang selama ini menjadi napas dan marwah sepak bola di tanah air,” tutup Iwan Bule.v***

Artikulli paraprakPT LIB Bukan Pengambil Keputusan Akhir Soal Jam Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya
Artikulli tjetërGilang “Juragan 99” Mundur Sebagai Presiden Arema FC