Striker Manchester United Marcus Rashford. (Sumber foto: Twitter/@ManUtd)

OLENAS.ID – Manchester United meraih kemenangan penting saat menghadapi West Ham United di pertandingan Liga Premier Inggris, Minggu (30/10/2022) malam WIB. Striker Marcus Rashford dan kiper David de Gea menjadi bintang kemenangan. Bagaimana peluang mereka kembali ke tim nasional Inggris dan Spanyol?

Rashford mencetak gol ke-100 yang mengantarkan Man United menang tipis 1-0 dalam laga di Stadion Old Trafford. Dirinya menjadi pemain pertama The Red Devils yang meraih milestone 100 gol setelah Wayne Rooney yang melakukannya pada 2009.

“[Gol ke-100] ini sudah ada dalam otak saya di beberapa pertandingan sebelumnya. Saya memang tak bisa melakukannya tetapi saya tetap senang karena kami memenangkan pertandingan. Saya hanya menunggu saatnya akan tiba,” ucap Rashford menanggapi golnya kepada The Sun.

Saya merasa bahagia dan lebih banyak menikmati pertandingan. Saya fokus pada setiap pertandingan

Kemenangan ini sudah cukup bagi Man United memperbaiki posisinya di klasemen sementara. Mereka berhasil naik ke peringkat 5 dengan poin 23 sekaligus menggusur Chelsea yang secara mengejutkan kalah telak 4-1 dari Brighton & Hove Albion.

Namun sesungguhnya tidak hanya Rashford yang membawa tim kembali meraih 3 poin. Kiper De Gea juga menjadi penentu yang memungkinkan Man United memenangkan laga yang berlangsung ketat. Bagaimana tidak, kiper Spanyol ini beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang, terutama di babak ke-2. Bahkan West Ham seharusnya bisa menyamakan skor bila tidak ada De Gea.

Man United memang menguasai permainan sepenuhnya dan berhasil unggul saat Rashford menyelesaikan umpan dari Christian Eriksen menit 38. Namun West Ham berbalik unggul dalam penguasaan bola di babak ke-2. Mereka berani mengambil inisiatif menyerang dan berkali-kali mengancam pertahanan tuan rumah.

De Gea Bermain Heroik

Puncaknya, selama 10 menit terakhir The Hammers nyaris memalu Man United. Penampilan heroik De Gea membuat pasukan eks manajer Man United, David Moyes, frustrasi. Tercatat eks kiper Atletico Madrid ini menepis tendangan jarak jauh Michael Antonio.

Selanjutnya, dia menepis sundulan Kurt Zouma. Peluang bagus juga diperoleh Jarrod Bowen. Namun De Gea masih bisa menggagalkannya. Penyelamatan terbaik dilakukan De Gea saat menahan tendangan kencang Declan Rice yang seharusnya membuahkan gol. Sampai akhir laga, skor tetap 1-0 untuk Man United.

Performa gemilang saat melawan West Ham setidaknya menjadi jawaban De Gea kepada pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique yang mencoret dia dari seleksi kiper yang akan dibawa ke Piala Dunia 2022 Qatar. Enrique telah menetapkan 5 kiper yang mengikuti seleksi sebelum ke Qatar.

Ironisnya Enrique memilih kiper dari klub-klub medioker Liga Inggris, Robert Sanchez yang membela Brighton dan David Raya yang berdiri di bawah mistar Brentford. Selain itu ada kiper Athletic Bilbao Unai Simon.

Sedangkan kiper Chelsea yang kembali moncer, Kepa Arrizabalaga, dan David Soria (Getafe) menjadi pelapis bila salah satu di antara 3 pilihan pertama itu mengalami cedera dan gagal ke Piala Dunia. Peluang De Gea kembali ke timnas sedikit terbuka karena Kepa mengalami cedera.

Sebaliknya, harapan Rashford kembali ke timnas Inggris lebih terbuka. Apalagi, manajer The Three Lions, Gareth Southgate menyaksikan langsung penampilan gemilang striker berusia 25 ini di Old Trafford.

Hanya, Rashford memilih fokus pada klub setelah tak lagi dilirik Southgate. Kebetulan lagi, dirinya sempat absen di timnas karena menjalani pemulihan.

“Saya merasa bahagia dan lebih banyak menikmati pertandingan. Saya fokus pada setiap pertandingan,” kata Rashford yang mengaku sempat mengalami penurunan performa.

“Saya pernah mengalai kesulitan karena persoalan mental. Itu sesungguhnya bukan performa saya. Tetapi sekarang sudah sangat berbeda dibandingkan musim lalu,” ujar dia lagi.

Rashford mungkin tak memikirkan Piala Dunia. Namun kehadiran Southgate menjadi sinyal dirinya bakal dipanggil kembali.*

Artikulli paraprakKLB PSSI Digelar Januari 2023
Artikulli tjetërMau Gaet Son Heung-min? Hotspur Minta Rp 1,08 Triliun