Suporter Liverpool. (Gambar ilustrasi: suporter Liverpool oleh George Groutas dengan lisensi Creative Commons 2.0)

OLENAS.ID – Lilverpool bakal dijual oleh Fenway Sport Group (FSG). Nilai Liverpool saat ini mencapai 3,89 miliar paun. Siapa yang jadi calon pembelinya?

Klub kota kelahiran The Beatles itu terus berkembang sejak dimiliki oleh FSG. Delapan gelar didapat Liverpool di era FSG dan kehadiran Juergen Klopp jadi salah satu faktor suksesnya.

Kabar Liverpool dijual untuk kali pertama diungkap The Athletic. FSG dalam pernyataan resmi memastikan pihak perusahaan membuka kesempatan bagi pihak lain untuk membeli Liverpool.

“Ada sejumlah perubahan kepemilikan baru-baru ini dan rumor perubahan kepemilikan di klub-klub Premier League, dan mau tidak mau, kami ditanya secara teratur tentang kepemilikan Fenway Sports Group di Liverpool,” tulis pihak FSG dikutip dari Liverpool Echo.

Keputusan FSG itu terbilan. Perusahaan itu menunjukkan kesiapannya untuk melepas Liverpool yang sudah dimiliki sejak Oktober 2010. Saat itu Liverpool dibeli dengan harga 300 juta paun.

Namun dengan nilai klub yang valuasinya menggiurkan itu, wajar jika FSG berniat menjualnya, meski tak banyak miliuner yang masuk dalam daftar pembeli.

Salah satunya adalah Sir Jim Ratcliffe yang beberapa waktu lalu justru diisukan akan membeli Manchester United dari Keluarga Glazer, namun ditolak.

Jim adalah orang asli Inggris yang diketahui sebagai penggemar Setan Merah! Jim yang hobi bersepeda, lari, dan ski itu bukan nama baru di dunia olahraga Eropa.

Ia punya dua klub sepakbola, Nice dari Prancis dan Laussane-Sport dari Swiss. Ia juga punya tim balap sepeda yang berkompetisi di tur dunia UCI, Ineos Grenadiers, selain menjadi sponsor untuk tim Formula 1 Mercedes.

Oleh karenanya, fans Liverpool di dunia maya memunculkan nama Ratcliffe sebagai calon pertama untuk jadi pemilik klub baru. Ratcliffe beserta konsorsium miliknya sempat tertarik membeli Chelsea juga Mei tahun ini, tapi gagal juga.

Dengan kekayaan Ratcliffe mencapai 10,2 miliar paun, maka tidak sulit untuknya membeli Liverpool yang kini masuk daftar jual. Tapi, apakah fans Liverpool mau kalau pemiliknya itu fans Manchester United?

“Memang terlalu dini, tapi ia sepertinya akan ada di barisan terdepan untuk membeli Liverpool Football Club. Dia bakal cocok dengan kebutuhan klub juga,” ujar salah satu akun fansbase Liverpool The Anfield Talk.

Artikulli paraprakAcara Street Cheering Dibatalkan, Tidak Pantas Setelah Adanya Tragedi Itaewon
Artikulli tjetërLawan Berat Pelita Jaya dan Satria Muda di Perempat Final IBL Indonesia Cup 2022