Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita (Foto : PSSI)

OLENAS.ID – Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, Maaike Ira Puspita, resmi terpilih sebagai Wakil Presiden Federasi Sepak bola ASEAN (AFF) periode 2022-2026 dalam Kongres AFF yang digelar di Siem Reap, Kamboja (14/11/2022).

Menurut struktur organisasi di AFF, posisi Presiden AFF akan diisi satu orang, sementara wakil presiden ada empat. Kemudian lima orang untuk anggota dewan, satu untuk anggota dewan eksekutif yang mewakili AFF di AFC, serta lima orang untuk anggota dewan perempuan AFF.

Maaike Ira Puspita akan bertugas bersama tiga Wakil Presiden AFF lainnya. Mereka akan membantu kinerja dari Presiden AFF, Khiev Sameth, yang kembali terpilih untuk periode 2022-2026.

“Insyaallah amanah ini bisa saya emban sebaik mungkin. Semoga dengan kepercayaan yang diberikan kepada saya bisa berkontribusi penting untuk kemajuan sepak bola Indonesia, termasuk sepak bola perempuan di Indonesia,” kata Maaike Ira Puspita.

Sebelumnya wakil Indonesia di kepengurusan AFF dijabat oleh mantan Sekjen PSSI, Ratu Tisha dengan posisi yang sama dengan Maaike. Ratu Tishaterpilih pada Kongres AFF yang digelar di Bali untuk periode 2018-2022. Namun, Ratu Tisha mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekjen PSSI pada 2019.

Meskipun sudah mundur, namun Ratu Tisha ketika itu masih terdaftar sebagai Wakil Presiden AFF. Penyebabnya adalah perwakilan di AFF merupakan status individu bukan sebagai perwakilan dari organisasi.

Maaike Ira Puspita yang juga adik ipar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, ditunjuk sebagai Wasekjen PSSI pada Januari 2020. Sejak saat itu, namanya kerap menjadi perwakilan PSSI di dalam maupun luar negeri. ***

***

Artikulli paraprakDua Lipa Bantah Akan Tampil di Upacara Pembukaan Piala Dunia 2022
Artikulli tjetërFIFA Serukan Gencatan Rusia-Ukraina Selama Berlangsung Piala Dunia 2022