Tandukan kapten Ekuador, Valencia taklukkan Qatar. (AFP/FRANCOIS-XAVIER MARIT)

OLENAS.ID – Drama Video Assistant Referee (VAR) dan pelajaran dari Enner Valencia kepada Qatar menjadi tontonan menarik partai pembuka Piala Dunia 2022, Minggu (20/11/2022) malam WIB.

Laga Qatar vs Ekuador yang digelar di Stadion Al Bayt, Al Khor City berakhir dengan kekalahan 0-2 bagi tuan rumah. Kapten Ekuador, Enner Valencia menciptakan brace.

Bahkan jika gol pertamanya di menit ke-3 tidak dianulir wasit Daniele Orsato ia akan menciptakan hattrick.

Pertandingan baru berjalan tiga menit, Valencia sudah membuat pendukung tuan rumah terdiam ketika laga baru berjalan tiga menit. Tandukannya menjebol gawang Qatar, dan ia lalu berselebrasi bersama rekan-rekannya.

Namun tak lama selebrasi itu menjadi gigit jari ketika Orsato yang berdikusi dengan perangkat pertandingan di ruang VAR memutuskan gol itu dianulir. Penyebabnya ada pemain Ekuador, Angelo Preciado yang offside.

Anulir gol itu tidak melemahkan semangat El Tri, julukan Ekuador. Mereka terus mengepung Qatar dan mendominasi pertandingan.

Kiper Qatar, Saad Alsheeb melakukan blunder dengan melanggar Valencia di kotak penalti. Valencia sukses mengeksekuti penalti di menit ke-16, sekaligus menciptakan gol pertama Piala Dunia 2022 di menit ke-16.

Gol itu makin membuat Ekuador bersemangat. Valencia mencetak brace di menit ke-31. Umpan silang dari Angelo Preciado disundulnya, melesat ke sisi kanan gawang yang tak mampu ditepis kiper Alsheeb. VAR kembali sempat memeriksa apakah adanya offside. Tapi kali ini gol disahkan.

Skor 2-0 untuk keunggulan Ekuador bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Ekuador seperti membiarkan Qatar menguasai bola. Tapi kualitas berbicara lain, Qatar tak mampu menembus pertahanan lawan.

Berbagai upaya dari pemain Qatar tidak memberi tekanan berarti. Laga pun berakhir dengan skor tak berubah, 2-0 untuk kemenangan Ekuador.

Ekuador selanjutnya menghadapi Belanda, Jumat (25/11/2022). Sementara Qatar bersua Senegal di hari yang sama. ***

Artikulli paraprakJadwal Acara Pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar
Artikulli tjetërRatusan Karyawan Twitter Mundur, Melawan Ultimatum Elon Musk