Adu jotos anggota HIPMI (Foto : tangkapan layar)

OLENAS.ID – Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVII diwarnai baku pukul sejumlah peserta di tengah sidang pembahasan. Kejadian itu berlangsung di hotel Alila Solo, Senin (21/11/2022) malam.

Munas itu dibuka oleh Presiden Jokowi, yang juga memberikan sambutannya.

Video baku pukul itu beredar di media sosial. Namun, belum diketahui penyebab terjadinya kericuhan di acara Munas ke-17 HIPMI tersebut.

Ketua Panitia Organizin Commitee (OC) Munas HIPMI XVII, M Ali Affandi lalu menjelaskan kejadian itu keesokan harinya. Ia mengatakan kejadian itu karena adanya kesalahpahaman personal antar peserta Munas Hipmi yang terjadi di luar rapat pleno.

“Akibat peserta kelelahan karena padatnya agenda Munas sejak pagi hingga malam,” kata M.Ali Affandi, Selasa (22/11/2022).

Video diunggah oleh akun Twitter @ulinyusron pada Selasa, 22 November 2022. Terlihat, ada sejumlah peserta Munas laki-laki yang saling adu pukul hingga keroyokan.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut puluhan negara diprediksi akan menjadi pasien IMF (dana moneter internasional) atau Bank Dunia akibat kondisi ekonomi global saat ini.

Bank Dunia tampaknya juga tidak akan memberikan bantuan kepada seluruh negara yang sudah antre itu

Saat ini, kata Jokowi, sudah ada 14 negara yang menjadi pasien IMF. Pada tahun 1997-1998, Jokowi mengatakan jumlahnya hanya lima negara yang membutuhkan bantuan dana.

Sedangkan, lanjut dia, masih ada 28 negara lagi sekarang yang mengantre di pintu IMF. Jokowi berpesan agar para calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 menjaga situasi kondusif di tengah situasi dunia yang sangat rentan ini dan situasinya tidak normal. ***

Artikulli paraprakBerhasil Kalahkan Argentina, Arab Saudi Libur Nasional
Artikulli tjetërJepang Ikuti Jejak Arab Saudi, Tekuk Jerman 2-1