Kegembiraan pemain Jepang usai mengoyak jala Jerman. (Foto : -Foto: Twitter.com/@FIFAWorldCup)

OLENAS.ID – Kejutan kembali terjadi, kali ini pelakunya juga dari Asia. Jerman harus bertekuk lutut saat menghadapi Jepang dalam laga pertana Grup D Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) malam WIB di Khalifa International Stadium, Al Rayyan.

Tumbangnya Jerman merupakan kejutan kedua setelah Argentina takluk dari Arab Saudi dengan skor sama 2-1 dalam laga pertama Grup C, Selasa (22/11/2022).

Jerman yang memang di atas kertas diunggulkan tampil percaya diri. Mereka mendominasi pertandingan dengan 74 persen penguasaan bola, berbanding 26 persen milik Jepang.

Tim Panser yang ampil menekan unggul lebih dulu pada menit ke-33 lewat eksekusi penalti Ilkay Gundogan. Penalti itu diberikan setelah David Raum dijatuhkan kiper Shuichi Gonda di kotak terlarang.

Unggul satu gol, Die Mannschaft masih terus melancarkan serangan ke pertahanan Jepang. Akan tetapi, upaya Thomas Muller dkk. untuk mencetak gol selalu kandas di kaki pemain belakang Jepang yang bermain disiplin.

Jepang yang bermain taktis, dengan pemain yang memiliki kecepatan tinggi malah mencetak dua gol di babak kedua.

Sepasang gol Timnas Jepang itu disarangkan Ritsu Doan pada menit ke-75 dan Takuma Asano menit ke-83.

Sampai laga berakhir, Jerman tak mampu menyamakan kedudukan, keok 1-2 dari Jepang. Timnas Asia kembali menjadi mimpi buruk bagi tim yang lebih kuat dan diunggulkan. ***

Artikulli paraprakMemalukan, Munas HIPMI Diwarnai Baku Pukul
Artikulli tjetërMenang Atas Jerman di Piala Dunia 2022, Rakyat Jepang Tuntut Hari Libur Nasional