Brasil diprediksi juara Piala Dunia 2022 oleh Nielsen Gracenote. (Sumber foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

OLENAS.ID – Brasil menjadi favorit juara di Piala Dunia 2022 Qatar. Ini prediksi dari Nielsen Gracenote yang juga menyebut Argentina memiliki peluang menyaingi Brasil.

Brasil mengawali pertarungan di Piala Dunia dengan hasil mengesankan. Tim Samba sukses menaklukkan kuda hitam Serbia 2-0 di pertandingan Grup G di Stadion Lusail Iconic, Jumat (25/11/2022) dini hari WIB.

Kemenangan yang mengantarkan Brasil menduduki puncak klasemen dengan poin 3. Sama dengan Swiss, tetapi Brasil unggul selisih gol. Pasalnya, Swiss hanya menang 1-0 atas Kamerun.

Berdasarkan dominasi mereka terhadap sepak bola internasional sejak gelaran Piala Dunia terakhir, Gracenote memproyeksikan Brasil dan Argentina akan terus mengungguli pesaingnya

Keberhasilan meraih 3 poin pertama menjadi start bagus Brasil. Apalagi, Neymar dkk menjadi favorit memenangkan Piala Dunia 2022.

Menurut Gracenote Brasil memiliki peluang 20 persen untuk mengangkat trofi ada 18 Desember 2022. Brasil berada di posisi puncak versi Gracenote setelah hanya kalah 3 kali dalam 50 pertandingan sejak tereliminasi dari Piala Dunia 2018 oleh Belgia

Argentina menyusul di posisi berikutnya dengan memiliki peluang 16 persen menjadi juara dunia untuk pertama kalinya sejak 1986. Sejak kalah dari Prancis di Piala Dunia 2018, Argentina sudah mengalami kekalahan di 4 pertandingan. Termasuk saat dipaksa menyerah 2-0 oleh Brasil pada Juli 2022. Selanjutnya tim ini tidak pernah kalah selama lebih dari 3 tahun.

Jika Brasil dan Argentina menang dan lolos dari grup masing-masing, mereka akan memasuki fase knockout. Bila mampu bertahan dan mencapai semifinal, 2 wakil Amerika Selatan ini bisa bertemu di laga puncak. Menurut simulasi Gracenote, final Piala Dunia antara Brasil dan Argentina merupakan pertandingan yang paling mungkin terjadi.

Spanyol dan Belanda Pesaing Brasil

Tim-tim Eropa yang menyaingi Brasil dan Argentina di gelaran Piala Dunia adalah Spanyol dan Belanda. Keduanya memiliki peluang 7 persen untuk mengangkat piala. Belgia menyusul dengan peluang 6 persen. Juara bertahan Prancis justru menempati posisi bawah. Menurut proyeksi Gracenote Les Bleus memiliki peluang 5 persen untuk performa yang sama.

Sedangkan 16 tim yang paling berpeluang lolos ke fase knockout Piala Dunia 2022 adalah Argentina, Brasil, Belanda, Portugal, Spanyol, Belgia, Prancis, Uruguay, Denmark, Inggris, Jerman, Swiss, Ekuador, Kroasia, Iran, dan Meksiko.

Maroko adalah tim Afrika yang paling mungkin untuk mencapai fase knockout tetapi memulai kompetisi ini sebagai favorit ketiga untuk lolos dari Grup F, setelah semifinalis tahun 2018 yakni Belgia dan finalis Kroasia.

Simon Gleave, Kepala Analisis untuk Gracenote Sports mengatakan, “Berdasarkan dominasi mereka terhadap sepak bola internasional sejak gelaran Piala Dunia terakhir, Gracenote memproyeksikan Brasil dan Argentina akan terus mengungguli pesaingnya.”

“Tidak ada tim lain yang hampir konsisten selama 4 tahun terakhir seperti dua kekuatan Amerika Selatan tersebut. Konsistensi ini menunjukkan ada peluang bagus bagi salah satu dari mereka untuk menang di depan pemirsa para penggemar global,” ujar dia memungkasi.*

Artikulli paraprakMenang Atas Jerman di Piala Dunia 2022, Rakyat Jepang Tuntut Hari Libur Nasional
Artikulli tjetërIran Menang Dramatis, Kiper Wales Main Kungfu Terima Kartu Merah