• Minggu, 5 Februari 2023

ISI Solo Anugerahi Garin Nugroho Doktor Honoris Causa

- Rabu, 7 Desember 2022 | 11:16 WIB
Garin Nugroho mendapat gelar kehormatan doktor honoris causa dari ISI Solo. (Foto: Tok S)
Garin Nugroho mendapat gelar kehormatan doktor honoris causa dari ISI Solo. (Foto: Tok S)

OLENAS.ID - Sutradara top Indonesia Garin Nugroho Riyanto mendapat gelar kehormatan doktor honoris causa (Dr HC) dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Perguruan tinggi itu menganugerahi gelar doktor kepada Garin di bidang seni penciptaan film.

Garin Nugroho mendapat gelar kehormatan karena menghasilkan banyak karya film yang bermutu. Sejak melahirkan film yang melegendaris, Cinta Dalam Sepotong Roti pada 1991, Garin mengukuhkan sebagai salah satu sineas papan atas.

Pencapaian dari pekerja film kelahiran Yogyakarta, 6 Juni 1961, ini mengantarkannya meraih gelar doktor kehormatan. Dan ini untuk kali pertama ISI Solo menganugerahkan gelar doktor honoris causa. Penganugerahan digelar di depan sidang senat terbuka di Pendapa Agung GPH Djojokusumo, kampus Kentingan, Solo, Selasa (6/12/2022).

Profesor I Pande Made Sukerta, promotor Garin Nugroho, menyatakan Garin telah menghasilkan banyak karya film dengan kategori art. Tak hanya memproduksi film, Garin juga menulis buku, artikel tentang film, kritik film dan sebagainya. Dirinya juga menjadi pembicara dalam seminar maupun pertemuan tentang perfilman baik di dalam dan luar negeri.

"Karya perdana Garin Cinta Dalam Sepotong Roti telah meraih penonton terbanyak dan mendapat 6 penghargaan. Selain itu film Bulan Tertusuk Ilalang, Puisi Tak Terkuburkan dan Daun di Atas Bantal memenangkan banyak penghargaan," ujar Made Sukerta.

Halaman:

Editor: Gonang Susatyo

Tags

Terkini

Ini 7 Buah yang Bisa Turunkan Kolestrol Tinggi

Sabtu, 17 Desember 2022 | 11:53 WIB

Solo Kirim Bantuan untuk Korban Gempa di Cianjur

Selasa, 6 Desember 2022 | 16:45 WIB

iQOO Hadir Dengan Spek Monster dan Snapdragon 8 Gen 2

Rabu, 30 November 2022 | 23:16 WIB
X